Berita

Kwarcab Pramuka Kab. Bekasi Ikuti Jambore JOTA-JOTI Tingkat Internasional Ke 61

RJN, Bekasi – Jota Joti adalah kegiatan jambore melalui udara dengan menggunakan media radio komunikasi dan internet. Jambore di udara lebih dikenal dengan (JOTI), sedangkan jambore internet di kenal dengan nama (JOTA).

foto bersama: Kwarcab Pramuka Kabupaten Bekasi bersama ORARI Lokal Kabupaten Bekasi.

Acara yang diselenggarakan pada Jum’at 19 hingga Minggu 21 Oktober 2018 melaksanakan Jota tingkat internasional ke 61 dan Joti tingakat Internasional yang ke 22.

Kegiatan Jota Joti yang berlangusng dilaksanakan di Ex Rm Gazbo, Cibuntu-Cibitung, Kwarcab Kabupaten Bekasi sejatinya di buka oleh Ketua Kwarcab Pramuka Kabupaten Bekasi, Hudaya menjelaskan, acara ini adalah rutin tahunan, bukan hanya diselenggarakan di Indonesia saja, tetapi dilakukan pramuka sedunia pada hari yang sama,” ujarnya kepada rakyatjabarnews.com, Sabtu (20/10/2018).

“ Tujuannya untuk meningkatkan jalinan komunukasi infromasi  dan mengembangkan ilmu pengetahuan kepada anggota Pramuka terutama dalam teknologi informatika.”

Lanjut hudaya, bimbingan materi yang disampaikan ini menyangkut  materi-materi yang terkait  kegiatan- kegiatan  yang terkait radio amatir  yang tentunya menjadi domain dari pada Organisasi Amatir Radio Indonesia (ORARI) yang menyangkut perangkat dan materi regulasi perizinan dan lainnya sebagainya,” kata Hudaya.

Pembukaan Jota Joti ini di pandu oleh ORARI Lokal Kabupaten Bekasi yang dipimpin oleh H. Anwar Musyadad. SH. YC1ZOL yang di wakilkan oleh wakilnya Apud Syaifullah bersama anggota.

Hudaya mengatakan, jika kegiatan ini sudah merupakan agenda rutin tahunan dan selalu sinergis dengan ORARI Lokal Kabupaten Bekasi, dengan acara ini dirinya berharap seluruh anggota pramuka dapat mengetahui dan mampu menggunakan alat komunikasi sesuai dengan operating procedure yang baik.

“ Sehingga pengetahuan anggota pramuka yang mengikuti kegiatan ini bertambah terutama ilmu pengetahuan komunikasi melalui radio amatir”.

Tambahnya, Para peserta yang hadir ini dari penegak/pandega pramuka se-kabupaten Bekasi yang selalu siap dan tanggap dalam berkarya dalam hal ini berkarya di bidang komunikasi. Selain itu, dengan kegiatan ini diharapkan agar Pramuka senantiasa tanggap dalam situasi darurat sekalipun.

” Anggota pramuka mulai dari SLTA itu bisa mengikuti kegiatan ini, total  peserta yang hadir berjumalh 200 peserta yang ikut hadir.”

kata Hudaya, Dari sarana dan fasilitas yang disedikan oleh ORARI lokal Kabupaten Bekasi sangat baik dan puas, semoga kedepannya tetap menjalin dan bersinergi dengan baik,”tandasnya.(ziz/rjn)